Bu Paikem, warga duafa ikuti operasi katarak gratis bersama Haris PSM Kecamatan Jenggawah

Operasi Katarak Gratis; Kisah Paikem Ingin Melihat Dunia Lebih Terang

JEMBER – Usianya memang sudah senja, tapi semangatnya tidak kalah dengan lainnya. Meski penglihatannya terbatas, tidak menyurutkan tekadnya untuk tetap mencari rejeki. Dialah Ibu Paikem, warga Kecamatan Jenggawah yang sehari-hari berjualan bensin eceran di dekat rumahnya. Kini harapan baru datang agar dirinya bisa melihat dunia lebih terang lagi, setelah mendengar Rumah Sakit Bina Sehat Jember mengadakan Operasi Gratis Katarak Gratis bagi warga tidak mampu.

Sejak tahun 2017, ┬ádia sudah terdiagnosa mengalami katarak. Selama itu pula, dia mencari cara agar bisa dioperasi. Sudah beberapa kali mendaftar, tapi waktu itu, kondisi tidak lagi fit. “Pernah mendaftar di rumah sakit lain, tapi tidak lolos skrining,” tuturnya.

Semenjak itu, dia sudah pasrah dengan kondisinya. Hingga ada seorang relawan yang mendatangi rumahnya dan mengajaknya untuk mendaftar Operasi Katarak Gratis di RS Bina Sehat Jember. “Alhamdulillah, Allah memberikan jalan-Nya melalui Pak Haris (relawan aksi kemanusiaan),” ucapnya.

Haris adalah salah satu Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Kecamatan Jenggawah. Dia mengaku gerak cepat begitu tahu ada informasi Operasi Katarak Gratis di RS Bina Sehat Jember. Baginya, setiap kali membantu sesama, akan ada pelajaran yang bisa didapatkan. “Jujur, saya juga banyak belajar dari Bu Faida (pengagas aksi kemanusiaan Operasi Gratis Katarak) yang sering menolong kaum duafa,” ungkapnya.

Dikatakan, dia sebenarnya tidak terobsesi untuk menjadi yang paling dikenal. Dia hanya ingin hidupnya memberi bermanfaat bagi banyak orang. “Siapa nama saya, apa status saya, sudah tak lagi penting karena yang penting adalah kemaslahatan manusia,” ujarnya. (sht)

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *