Jaga Ketersediaan Darah, RSBS Gelar Donor Darah

BANTU BERSAMA : RS Bina Sehat menggelar aksi donor darah, Senin (22/3). Dalam Agenda ini tercatat 58 mendaftar sebagai pendonor, namun 38 orang dinyatakan layak mendonorkan darahnya.

 

JEMBER – Guna memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Jember, RS Bina Sehat Jember bersama PMI Kabupaten Jember kembali menggelar kegiatan donor darah, Senin (22/3) kemarin.

Kepala Instalasi Bank Darah RSBS, drg. Endiki Surya Wira Pratama, MMRS mengatakan, selain untuk memperkuat persediaan darah di Kabupaten Jember, donor darah itu juga menjadi agenda rutin RSBS melalui Club Donor Darah RSBS.

“Club Donor Darah RSBS sudah terbentuk sejak Maret tahun 2011, terdiri dari karyawan maupun masyarakat sekitar dengan jumlah sekitar 300 orang,” jelasnya.

Meskipun dalam masa pandemi, sambung Endiki, pendonor akan tetap aman dan nyaman karena pelaksanaan kegiatan donor darah menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu tubuh hingga menjaga jarak fisik selama proses donor darah berlangsung. Selain itu, petugas juga menggunakan APD dan pendonor wajib memakai masker

“Donor darah di kala pandemi justru sangat diperlukan karena mungkin saja darah kita menjadi sesuatu yang berharga untuk pasien yang sedang dalam perawatan,” katanya.

Acara yang diadakan mulai jam 09.00 s/d 12.00 WIB itu didapatkan sekitar 58 orang yang ingin donor darah, tetapi setelah melalui pemeriksaan sebelum donor, kurang lebih 38 orang yang dapat mendonorkan darahnya.

Lebih lanjut Endiki menjelaskan kegiatan rutin donor darah ini juga sebagai wujud kepedulian RSBS terhadap sesama dan masyarakat. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh yang menerima donor darah, tetapi juga si pendonor. Diantaranya menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, serta membuat lebih sehat secara psikologis serta memperpanjang usia,

“Jika ingin mendonor, pastikan memenuhi persyaratannya, antara lain usia 17-60 tahun, berat badan minimal 47 kg, tekanan darah sistole 110-140 mmHg dan diastole 70-90 mmHg, hemoglobin 13-18 gr/dl, tidak sedang hamil atau menyusui atau menstruasi,” terangnya.

Terakhir, setelah mendonor, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B serta pastikan beristirahat yang cukup. Dengan demikian, akan mempermudah pendonor untuk dapat mendonorkan darah secara rutin.

Bagi yang berminat mengikuti kegiatan donor darah atau menjadi anggota Club Donor Darah RS Bina Sehat dapat menghubungi Endiki 081234527520. Setetes darah yang anda berikan sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan karena setetes darah adalah nyawa dan donor darah adalah perbuatan yang mulia. (RSBS)

 

Sumber : Radar Jember (23/03/2021)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *