Atasi Stres dan Imun Tubuh dengan Akupunktur

JEMBER – Teknik pengobatan tradisional menggunakan jarum yang disebut dengan akupunktur, dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan seperti migrain dan infertilitas. Di masa pandemi seperti saat ini, akupunktur juga bermanfaat untuk mengatasi stres dan meningkatkan imun tubuh.

Disampaikan oleh Norista Soleha, A.Md. Akp, Akupunturis RS Bina Sehat Jember, akupunktur dapat meningkatkan imun tubuh dengan cara menyeimbangkan fungsi homeostasis dalam tubuh, menguatkan beberapa fungsi organ, dan mengurangi stres. Ketika jarum akupunktur ditusukkan pada titik tertentu akan merangsang tubuh mengeluarkan endorfin dan menenangkan jantung.

“Ada banyak titik akupunktur di seluruh tubuh dan setiap titiknya memiliki kegunaan dan efek yang berbeda. Penggunaan jarum akupunktur yang berukuran tidak setebal sehelai rambut di titik tersebut dapat membantu menyeimbangkan aliran energi tubuh,” jelasnya.

Norista melanjutkan, akupunktur dapat menstimulasi sistem saraf yang bisa menghasilkan efek menenangkan, dapat merangsang sistem pereda nyeri tubuh, mengurangi ketegangan otot, serta meningkatkan suasana hati.

“Akupunktur dapat membantu menghilangkan stres karena setelah terapi biasanya seseorang akan merasa lebih tenang dan lebih bahagia,” ujarnya.

Jika ingin melakukan terapi secara mandiri di rumah, dapat dilakukan dengan menekan titik akupunktur dengan jari atau yang lebih akrab disebut dengan akupresure. Caranya, tekan beberapa titik selama 5 menit searah jarum jam dalam posisi duduk dengan nyaman dan tenang.

“Area yang ditekan antara lain, bagian cekung antara ibu jari dan telunjuk, pangkal hidung di antara kedua alis, 4 jari di bawah lutut sebelah tulang kering, dan 3 jari dari pergelangan tangan bagian dalam tepat di tengah,” paparnya.

Namun, jika anda melakukan terapi akupunktur dengan bantuan tenaga akupunkturis di RS Bina Sehat Jember tak perlu khawatir. Sebab akupunkturis akan menggunakan alat pelindung diri dengan lengkap sehingga anda akan merasa aman dan nyaman selama terapi.

“Anda bisa langsung menuju Lantai 3 RS Bina Sehat Jember di Jl. Jayanegara 7 Kaliwates Jember atau hubungi bagian pendaftaran terlebih dahulu di nomor telepon (0331) 422701,” pungkasnya. (RSBS)

Sumber : Radar Jember (29/12/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: