RSBS Layani Rapid Test Pekerja

JEMBER – RS Bina Sehat Jember (RSBS) sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Jember, menggelar rapid test selama sepuluh hari bagi pekerja PT KAI Daop 9 Jember.

Kepala Bidang Penunjang Medis RSBS, Dhiana Arief Masnurul, S.Si., Apt., MMRS mengungkapkan sebanyak lebih dari 500 alat tes disiapkan untuk pemeriksaan tersebut. Tim khusus pun juga dibentuk agar hasil rapid test dapat segera diketahui.

“Untuk hasilnya, kami upayakan dapat diketahui tidak lama setelah pekerja melakukan rapid test. Jadi, hari ini periksa di hari ini juga hasilnya diperoleh,” ujarnya.

Dhiana menjelaskan, pemeriksaan antara rapid test dan uji swab tentu berbeda. Sebab, rapid test menggunakan sampel darah sedangkan uji swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung dan tenggorokan. Rapid test yang dilakukan kali ini ialah rapid test antibodi yang akan mendeteksi ketersediaan IgG dan IgM (sejenis anitbodi) dalam sampel darah.

“Jika pernah terpapar virus, maka jumlah IgG dan IgM akan bertambah yang artinya hasil rapid test positif adanya infeksi virus. Namun, rapid test hanya sebagai deteksi awal kondisi kesehatan seseorang yang ingin terhindar dari Covid-19,“ jelasnya.

Sementara itu, dr. Adrian Ahmad selaku Manager Kesehatan PT KAI Daop 9 Jember mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya preventif terhadap penyebaran Covid-19 sekaligus memberikan rasa aman bagi penumpang kereta api. Sedikitnya 55 orang per hari yang ditargetkan mengikuti rapid test, terdiri dari pekerja frontliner dan pekerja yang berusia lebih dari 45 tahun

“Sampai dengan tanggal 3 Oktober 2020 lalu, tercatat sebanyak 282 pekerja yang telah melakukan pemeriksaan rapid,” jelasnya.

Adrian menambahkan, dipilihnya RSBS dalam penyelenggaraan rapid test bagi pekerja dikarenakan RSBS merupakan mitra atau provider RS bagi pekerja dan keluarga PT KAI Daop 9 Jember yang dapat memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna dan sesuai harapan. (RSBS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *